Rabu, 20 Maret 2013

Buletin Bible Study Maret 2013

Yosua pasal 13 


Kamis, 14 Maret 2013

 Saudara-saudara Yosua psl 13 bangsa Israel berhasil merebut daerah-daerah yang sela- ma ini belum berhasil direbut, Tuhan Allah memberikan kemenangan mutlak kepada bangsa Israel. Maka pada psl 13 ini semua suku-suku Israel berhasil mendapatkan daerah-daerah yg selama ini belum direbut yang kemudian dibagi-bagikan kepada semua suku Israel sesuai dgn yang diundikan kepada mereka masing-masing. 

Dan khsusus Yosua psl 13 ini menggambarkan kekristenan secara umum, di mana semua bangsa, semua suku, semua kaum dan bagasa telah mendapatkan keselamatan lewat pengorbanan Yesus di kayu salib. Tetapi Yosua psl 14 menggambarkan kekristenan secara khusus, sebab dalam Yosua psl 14 ini yang diceritakan adalah Kaleb yang berhasil mendapatkan Hebron sebagai milik pusakanya. Kaleb itu satu angkatan dengan Yosua, sama-sama keluar dari Mesir, sama-sama menjadi pelayan dalam pelayanan Musa dan sama-sama menjadi pengintai. Walaupun Kaleb tidak diangkat menjadi pemimpin seperti Yosua, 
tetapi ada tujuh (7) hal sikap yang dimiliki Kaleb: 
 1). Kaleb itu seorang yang dapat dipercaya, orang yang sangat bertanggung jawab. Bilangan 13 : 6; Yosua 14 : 7 Kaleb itu seorang dari dua belas pengintai yang membawa kabar yang sejujur-jujurnya kepada Musa dan bangsa Israel. Kalau kesepuluh pengintai itu memba- wa kabar yang melemahkan tetapi Kaleb dan Yosua membawa kabar yang menguatkan hati. 
 2). Kaleb itu seorang yang gagah berani. Bilangan 14 : 6 - 10 ketika bangsa Israel sedang berada dalam keresahan, Kaleb tampil ke de- pan dan menguatkan hati bangsa Israel bahwa Tuhan pasti memberi kemenangan. Bahkan se- kalipun segenap Israel mengancam hendak melontari Yosua dan Kaleb dengan batu, tetapi me- reka tetap pada prinsip mereka. Seorang pemimpin yang berani mengambil resiko walaupun nyawanya sedang terancam. 
3). Kaleb itu terpelihara dengan baik. Bilangan 14 : 38 Yosua dan Kaleb tetap tinggal hidup sedang kesepuluh pengintai yg lain telah mati karena kena tulah dari Tuhan. Tuhan Allah memelihara Kaleb sampai mencapai umur delapan puluh lima tahun dan tetap kuat. 
4). Kaleb mentahbiskan diri lewat penyerahan hidupnya untuk tetap melayani Tuhan. Ulangan 1 : 36 orang yang mentahbiskan diri kepada Tuhan ditandai dengan sikap mengikuti Tuhan dengan sepenuh hati. Maka Tuhan pun mengijinkan Kaleb melihat tanah Kanaan
5). Kaleb itu seorang yang teguh, giat dan setia sampai masa tuanya. 
6). Kaleb itu seorang yang tidak terkalahkan, selalu kuat karena Tuhan sertai. 
7). Kaleb itu seorang yang taat kepada pimpinan Tuhan dan Musa maupun Yosua.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar